Jakarta - Medan - Aceh - Sabang

Setelah menghitung hari detik demi detik, akhirnya rencana trip kita ke Sabang bener - bener di depan mata. Yeayy!! Jumat, 19 September, flight jam 10.40 dari bandara Soekarno Hatta - Jakarta menuju bandara Kualanamu - Medan. Penerbangan sekitar 2 jam mendarat dengan cantik naik si burung udara Asia membawa mimpi kita semuaaaa.. ulalaaa....

Kali ini gw nge-trip bareng salah seorang sahabat gw dari SMA, yaitu Wina aka Wince aka Aya, Fety temen SMP dan 1 kampus juga tapi ngga pernah sapa-sapaan dan main bareng sebelumnya, tapi sekarang jadi talent multi-talenta gw yang bisa nyanyi, joget sampe kayang, hahaha. Ada lagi Nitha, dia ini temen kuliahnya si Wince, dia membawa serta anak perawannya alias pacarnya bernama Aldi.  :))))

the talent traveler
Okeh fiixxx..kita lanjutkan cerita perjalanan kali ini. Untuk menuju ke kota Medan dari Kualanamu kita bisa naik bus Damri yang mangkal cyiinn di pintu keluar kedatangan. Kemarin kita naik yang tujuan Kualanamu - Carefour (Plaza Medan Fair). Karena kita ingin yang arahnya dekat dengan pool bus Sempati Star yang akan kita naiki untuk menuju ke Aceh.

Naik bus Damri murah aja sist, cukup 15ribu dengan trayek yang lumayan jauh. Alhamdulillah ke saving banyak budgetnya, yang tadinya kita mau naik kereta harga tiketnya 80ribu. OMAYGAD!
Lumayan banget lahh buat backpacker gembel macam kita. Hahahaakk

Tak dinyana tak diduga, gw sendiri pun tak memperkirakan kalo di Medan bakalan ujan. Ujannya deres pula. Gw pikir bakalan panas sepanas-panasnya kota Medan kayak biasa. Dan gw ngga prepare membawa rain cover untuk ransel gw (baca: ransel pinjaman hihi). Shyiitt menn!! Itulah pelajaran yang berharga, jangan sotoy! Lebih baik prepare se-prepare-prepare-nya deeehhh...

Akhirnya rencana kita mau makan kuliner khas Medan, terkalahkan sudah oleh hujan deras ketika masuk mall adanya KFC lagi KFC lagi. Sebelumnya sih ada yang bilang, "gw ngga mau makan KFC udah jauh - jauh ke Medan! BIG NO!!!" Eehh..ngga taunya doi beli BIG PORTION KFC!!! (perlu banget di bold - underline - italic) bahahahaha *lirik Wince*
 
Bus Sempati Star
Hujan mulai berenti sekitar jam 4 sore, lalu kita melanjutkan perjalanan dengan gambling karena ngga tau arah. Akhirnya bertanya pada abang bentor (becak motor - kendaraan umum khas Medan) untuk diantarkan ke pool bus Sempati Star. Naik 2 bentor 60ribu, jadi sharing 12ribu per orang.
Menuju ke Aceh kita naik bus Sempati Star, kita pilih yang Patas VIP harganya 180ribu. Nyaman kok bis-nya, ada selimut, ada bantal-nya dan ada sandaran kakinya. Lumayan sist, perjalanan selama 12 jam dari Medan - Aceh, kalo bis-nya bikin pegel ngga enak juga kann, apalagi mesti lanjut keliling - keliling..

Cerita yang paling epic selama perjalanan Medan - Aceh, selain jalannya yang berliku - liku dan kebiasaan penumpang yang aneh - aneh, contohnya ketika yang lain pada mau bobo, ada penumpang yang teleponan 24jam non stop dengan suara yang lumayan besar + ketawanya yang gengges abiiss.. selain itu ada kejadian yang paling epic di pagi buta, yaitu GW KETINGGALAN BIS!! :"((((

Waktu berenti di mesjid saat Subuh, bis gw ninggalin gw doongg.. temen se-bangku gw si Fety Fera ngga ngeh kalo gw belum naik ke bis lagi. Hikshiks Yaa maklum aja, secara pagi - pagi buta mata masih sepet keadaan ngga sadar. Gw pun begitu, keluar mesjid bingung kenapa bis gw berubah, apa gw yang ngga ngeh kalo bis gw begitu bentukannya. Sedikit panik, tapi tetep kalem. Gw nanya lah ke bapak - bapak di bis yang gw lihat itu.

Gw : Pak, ini bis Sempati Star kan? Yang Patas VIP? *muka bingung, secara tulisan di bus-nya Non Stop*
Si Bapak : Bukan dek, ini bus PMTOH. *Ini salah satu bis Medan - Aceh juga yang recomended*
Gw : *gagal ngga panik* Lohh..bis saya mana yaa pak?? *liat kanan kiri depan belakang ngga ada*
Si Bapak : Ohh..kayaknya udah jalan dek tadi.. emang ngga dikasih tau sama supirnya?
Gw : *nahan nangis* Engga paakk... saya ngga taauuuu *muka langsung melas*

Singkat cerita, akhirnya temen gw telepon kalo bis-nya udah jalan dan ngga mungkin puter balik. Gw disuruh nyusul naik motor sama supirnya *yakeeleess bang, kagak ada ojek pan disituu..
Akhirnya si bapak tadi bilang ke supir bus PMTOH, buat ngangkut gw sampe terminal. Alhamdulillah yaa Allah.. kalo ngga, gw bisa jadi gembel beneran di Aceh. Dan untungnya, dari mesjid ke terminal udah ngga terlalu jauh, sekitar 1 jam perjalanan lagi.. *tapi yahh 1 jam perjalanan kata orang sana beda sama orang Jakarta yang udah ditambah macet, dll-nya.

gadis - gadis bentor!
Setelah akhirnya bertemu kembali di terminal (berasa tali kasih :")), kita langsung diserbu sama supir travel dan tukang bentor yang menawarkan jasa angkutan, dengan harga mulai dari 500ribu, terus turun jadi 300ribu sampe akhirnya kita minta dianterin ke Mesjid Baiturrahman aja yang ternyata cukup bayar 20ribu aja naik bentor. *blaaarrr!! jauh banget harganya

Sampe Mesjid Baiturrahman, mau foto - foto tapi kita takut karena pakaiannya kurang muslimah, alhasil cuma bisa foto dari jauh hihihi
Setelah itu kita makan, sebelum melanjutkan perjalanan. Jadi di seberang mesjid Baiturrahman ada tempat makan yang jual nasi gurih..itu endes bingit! Guriihh guriihh enyooyy pokonya :p

Sekitar jam 9 kita melanjutkan perjalanan menuju Museum Tsunami. Yeeayy!! Dengan naik bentor lagi dari Mesjid Baiturrahman, untuk tarif itu nego tipis lahh pokonya hehe. Museum Tsunami itu keren banget, bangunannya megah~~ susah gw kalo disuruh mendeskripsikan bentuk bangunan, maklum bukan anak arsitek saya mahh.. =)) 

Museum Tsunami Aceh
di dalam Museum Tsunami
Menurut gw Museum Tsunami ini salah satu museum yang paling bagus yang ada di Indonesia, berbeda dengan museum-museum tua yang ada di Jakarta contohnya. Mungkin karena museum ini baru dibangun, dengan bantuan dari pihak asing juga, jadi terlihat sangat apik penataannya kayak museum di luar negeri. Diawali dengan adanya Lorong Tsunami (Tsunami Alley) kita diajak merasakan bagaimana dahsyatnya musibah tersebut dan merasakan menjadi warga Aceh ketika Tsunami datang. 

Lalu ada Sumur Doa, dimana terdapat 2.200 nama korban Tsunami di Aceh pada tahun 2004 lalu. Sumur Doa berbentuk seperti cerobong asap, dimana bagian ujung cerobong asap terdapat lafaz Allah, mengibaratkan kita sebagai manusia harus siap kembali pada sang pencipta (bikin merinding).

Helikopter yang hancur terkena terjangan tsunami

Dari Sumur Doa kita akan melalui lorong menanjak yang mengibaratkan warga Aceh yang memulai kehidupan dari nol pasca tsunami, pasca mereka kehilangan keluarga dan harta benda. Keluar dari lorong tersebut kita disambut pemandangan yang unik di atap museum tersebut. Yaitu berjejernya bendera negara, kurang lebih ada 54 bendera negara yang turut membantu pembangunan Museum Tsunami dan pembangunan di Aceh, dengan tulisan berartikan "Damai" pada tiap bendera negara. Dibalik dahsyatnya tragedi tsunami ternyata memberikan hal positif bagi masyarakat Aceh yaitu memberikan kedamaian di bumi serambi Mekkah tersebut. Subhanallah! 

Mengelilingi Museum Tsunami membuat hati kita tergetar dan gw sendiri pun pengen nangis waktu lihat pemutaran video tentang tsunami. Ngga kerasa kejadian itu udah berselang hampir 10 tahun dan melihat kondisi Aceh saat ini ngga pernah terbayangkan bahwa ada air bah yang menyapu bersih tempat itu. :(

kapal PLTD Apung
Setelah dari Museum Tsunami Aceh, kita lanjutkan perjalanan dengan bentor yang sama (akhirnya kita sewa 2 bentor) menuju PLTD Apung. Disini terdapat monumen Tsunami yang juga berisikan nama - nama korban tsunami. PLTD Apung ini merupakan salah satu bukti kedahsyatan terjangan tsunami yang melanda Aceh. Sebuah kapal tanker bernama PLTD Apung berbobot hampir 3 ton terbawa arus tsunami hingga puluhan kilometer dari laut dan akhirnya mendarat di tempat tersebut.

Masih ada satu tempat bersejarah yang membuktikan kedahsyatan tsunami di Aceh yaitu kapal nelayan yang terseret arus dan akhirnya mendarat di atas rumah warga. Kita baru bisa kesana setelah pulang dari Sabang. Karena hari itu kita harus mengejar kapal fery ke pelabuhan ulee lheue.
Yes, here we go! Sampai pelabuhan ternyata kapal baru saja menaikan jangkarnya, aakkk kita cuma beda beberapa menit ajaaa.. eeiittss tunggu dulu, jangan sedih kakak..tiba-tiba kapal fery yang besar itu tiba - tiba mundur lagi dan berlabuh lagi karena ada KITA!! hahaha

ini dia nihh kapal yang tiba - tiba  mundur..
Sebenernya bukan kita ber-5 doang sihh, tapi ada beberapa calon penumpang lagi yang mau naik ke kapal. Sampe dalam kapal ternyata sudah penuh, tapi untung masih ada beberapa bangku kosong. Dengan harga tiket 23ribu, perjalanan  kurang lebih 2 jam kita sampailah di SABANG!!! Woohooooo!!! Emejiiingg... ngga nyangka bisa sampe sini jugaa :")

Santai Sumur Tiga
Sampe di pelabuhan Balohan, lihat airnya jernih bangeeett, jadi pengen nyebuurr buurrr buurrr buurrrr!! *tahan kakakk..tahaann..* karena kita belum tau gimana cara menuju ke Iboih tempat menginap kita. Awalnya gw booking untuk penjemputan sore, tapi ternyata kita sampe di Sabang masih siang. Dan fasilitas penjemputan dari penginapan harus nunggu dulu 45 menit. Alhasil kita pilih cari travel atau angkutan sendiri menuju Iboih. Rencananya sebelum ke penginapan kita mau ke Titik 0 Kilometer dulu. Cari mencari akhirnya dapet angkutan umum, dengan nego kasar-kasar-alus dengan biaya 50ribu per orang akhirnya kita deal untuk naik angkot menuju ke Iboih Inn dan mampir ke Titik 0 Kilometer dengan si abang - abang yang perawakannya tinggi gede dan menyeramkan ituu (pokoknya kalo ngeliat si abang ini, bawaannya curiga sama tampangnya yang kriminal, hihi) 

Tapi di tengah jalan rencana berubah! APAAHH?? KOK BISAAA?! Semua bisa saja terjadi dalam sebuah perjalanan *azzeekk! Jadi si abang angkot mencoba menawarkan ke beberapa tempat yang superb indah di Sabang seperti Santai Sumur Tiga (emang namanya Santai, tapi ini sebenernya pantai), Benteng Jepang dan Anoi Itam. Alhasil nego kasar-kasar-alus lagi.. si abang minta 350ribu, gw sebagai calon ibu-ibu kudu pinter nawar. Gw minta 300ribu, tapi si abang dengan perawakan menyeramkan ini keukeuh. Alhasil gw yang ngalah, karena harga segitu udah lumayan sebenernya dibanding harga yang ditawarin Iboih Inn. Seriuss..coba aja cek websitenya!

giraangg beneeerr~~~
Perjalanan dimulai!! Agak worry sih awalnya, takut diboongin, takut ditipu dan takut kenapa - kenapa (pikirannya udah kayak di pilem-pilem thriller deh pokoknya). Sampailah kita di tempat pertama yaitu Santai Sumur Tiga. WOW banget tempatnya!!! Pertama kali gw liat pantai ini dari Youtube, keliahatan bersih banget, pasirnya putih banget, airnya jernih banget dan gw sekarang melihat dengan mata kepala gw sendiri secara nyata!!! SUBHANALLAH!!! BENER - BENER KEREN.. kalo dibuat judul sinetron pasti oke, judulnya : GGS - Ganteng Ganteng Santai *bahahaha apa syiihh maqsyaaa

Benteng Jepang

Benteng Jepang
Asik poto - poto sana sini, selpi sana sini..mau bagaimanapun pose-nya, background-nya yang menunjang banget. Dengan bantuan tripod mini, kita bisa poto bareng - bareng :")
Jadi di Santai Sumur Tiga ini, beneran ada 3 sumur yang airnya tawar. Menakjubkan!! Padahal di pinggir pantai, tapi bisa ada air tawar. Jarak antar sumur yang 1 dengan yang lain agak jauh jadi kita cuma nyobain 1 sumur aja. Diicip - icip emang beneran tawar airnya. Ulallaaa hebat sekali dipinggir laut ada air tawar yang menyegarkan~~~

Selanjutnya menuju Benteng Jepang. Benteng peninggalan Jepang ini berada tepat di atas bukit dengan pemandangan langsung ke Selat Malaka. Aduhaaiii kereeen bangeeettt~~~~
Ini aja deh liat langsung poto - potonya.

Ini si Wince di atas karang - karang di depan Benteng Jepang
ini Selat Malaka

model pidio klip ini siiihh~~~

AMING SIAPA INIIIHH??!!
Whaatt?! Kenapa ada banyak tulisan di benteng dan ada tulisan AMING?? Kenapa siihh orang Indonesia suka banget ngerusak situs sejarah *pppfftt
Di Benteng Jepang ini, suasana sudah mulai mencair dengan si abang angkutan tadi. Ternyata doi ngga bener - bener menyeramkan. So far dia baik banget. Nemenin kita keliling - keliling, foto - fotoin kita. Yang pada intinya "Don't judge a book by its cover!" Tampang boleh nyeremin, tapi hati harus nyenengin. :))))


beneran pasirnya item!
Spot selanjutnya adalah Pantai Anoi Itam. Ajaib banget pantai yang satu ini, setelah tadi di Santai Sumur Tiga pasirnya putih banget, disini pasirnya hitam banget. Anoi Itam sendiri artinya Pasir Hitam. Selain pasirnya yang hitam gemerlapan, ternyata pasir disini lebih panaaass! Apa karena warna hitam lebih menyerap panas yaa, jadi terasa panas banget kalo kena kulit.
Ngga mau berlama - lama di sini, karena kalo nginjek pasirnya panas banget hihihi

Pantai Anoi Itam

Spot selanjutnya dan terakhir sebelum menuju penginapan di Iboih, yaitu Titik 0 Kilometer. Ooo..oowww.. sebelum sampe ke Titik 0 Kilometer ternyata si abang supir yang baik hati menghentikan mobilnya di pinggir jalan, kita melihat pemandangan yang luar biasa indah dari pinggir jalanan.

Ini nihh pemandangannya, nilai sendiri aja dehh yaaa. I'm speechless~~~


Lanjut perjalanan lagi, terus berhenti lagi di sebuah warung, numpang pipis.. tapi kamu harus tau! Ini warung bukan sembarang warung, ternyata pemandangannya ngga kalah indah dari yang tadi. Santai dulu broohh~~ makan mie rebus dulu sama es kelapa dengan pemandangan kayak gini, menu makanannya mah murah, pemandangannya yang mahal ngga bisa dibeli *tsaahhelaahh



Selesai ngaso sebentar, akhirnya kita sampai juga di TITIK N0L KILOMETER!! Titik di ujung paling barat Indonesia. Lagi - lagi, tugu bersejarah ini dihancurkan oleh tangan - tangan jahil, banyak tulisan kacrut di tugu. Sebenernya titik terluarnya Indonesia bukan di sini, tapi di pulau Rondo, adanya jauh di utara sabang, pulau terluar Indonesia Barat. Pulau tak berpenghuni tersebut cukup sulit untuk didatangi karena laut yang harus diseberangi merupakan pertemuan antara Selat Malaka dan Samudera Hindia, sehingga kapal tidak bisa merapat ke pulau seluas 0,43 kilometer persegi itu. Sebab, disekitar pulau terdapat banyak karang yang bisa menyebabkan kapal kandas. Namun, pulau ini butuh perhatian dari pemerintah pusat agar tidak diklaim oleh negara lain. Karena kabar menyebutkan adanya cadangan minyak yang cukup untuk 375 tahun di daerah tersebut, yang bisa kapan saja diklaim oleh negara lain, jika pemerintah Indonesia tidak benar - benar menjaganya.

wuhuuu!! lulus dari Sabang~~~

Finally arrived at Iboih! Sekitar pukul 6 sore dan langitnya masih cerah.. Akhirnya kita sudahi petualangan mengelilingi kota Sabang hari itu. Untuk meng-appreciate kebaikan si abang supir + guide ini, akhirnya kita kasih 400ribu.

Kita dijemput di dermaga Iboih (Teupin Layeu) dengan boat, cuma sekitar 5 - 10 menit akhirnya sampe di Iboih Inn. Wuuww..akhirnya bisa kesini juga, tempatnya menjanjikan banget, view-nya kewwreenn abiissttt..!! Tapi untuk pelayanan kalo penilaian aku sih SO - SO, tapi yang lain bilang BIG NO! Kurang recomended untuk pelayanannya :(

ini di dermaga-nya Iboih Inn Resort
Selesai bebersih diri karena udah 2 hari 1 malam kita diperjalanan dan belum mandi, bikin kepala + badan gatel, garuk-garuk terus kayak onyeekk! Hihihi
Malemnya kita makan di rumah makan seafood Babah Aloe, dipinggir dermaga Iboih yang bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 15 menit dari Iboih Inn. Nahh itu juga salah satu ngga enaknya, letak Iboih Inn agak jauh dari tempat - tempat umum.

Selesai makan, kita main get rich di depan kamar.. get rich disini bukan games di smartphone yang lagi rame dimainin tapi, get rich adalah penghitungan ulang setiap pengeluaran, uang siapa dipake berapa, berapa pake uangnya siapa. Yang bikin suasana caur sihh, waktu bagian Fety balikin uang.. dia mengeluarkan semua recehannya. Mulai dari 20ribuan - 10ribuan sampe 2ribuan, udah kayak mau bagi - bagi angpau lebaran :)))))

Selesai sudah perjalanan hari pertama dan kedua dari Jakarta - Medan - Aceh - Sabang. Mau tau keseruan selanjutnya?! Tunggu yaahhh~~~ hihihi iciikiiwwiiirrr~~~

Video singkat jalan - jalan kita :)



Comments

  1. The Essence of Outstanding Lobby Design - We are all aware of the significance of first impressions. From meeting new coworkers to arriving in a new city, the impact of the first few seconds cannot be overstated and is critical for a long-term relationship.

    The Best Hotel Decorating Idea – Storytelling When it comes to decorating a hotel, the best strategy is to choose an interior that tells a story while also incorporating a touch of local wisdom.

    Hotel Lighting Ideas to Improve Hotel Quality – Hotel lighting is an important part of a property’s design, ambiance, and feel for both guests and staff.

    ReplyDelete

Post a Comment

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)

Jakarta - Malang - Probolinggo - Bromo

Rincian Biaya Trip To Maluku

Pulau Tegal - Pasir Timbul, Lampung