Day 1: Jakarta - Singapore - Johor

Thanks God Its Monday! Hahaha akhirnya di hari Senin indah nan ceria ini, gw dan genkgonk Halal-in Dong Pliiss (ini nama emang engga banget! Tapi itulah nama grup whatsapp kita, yang diambil dari nama grup arisan kita sebelumnya Halalan Toyiban. Berhubung beberapa orang di grup itu udah pada di halal-in, Nahh tinggal kita - kita aja nih yang minta di halal-in wakakakkaa *edisi curhat)

Yaa jadi kita ber-4 (gw, wina, indri dan nyoti) akhirnya bisa liburan bareng lagi, setelah kurang lebih 6 bulan menunggu dari beli tiket promo di tiket.com akhir tahun lalu. Waktu 6 bulan itu kita nabung - nabung dan nabung, yaahh walaupun tetep yee pere kalo udah ketemu kumpul - kumpul pasti belenjong alias shopping juga ujung - ujungnya cyiiinn.. Tapi keseriusan kita untuk jalan - jalan ke luar negeri akhirnya kesampean juga. Setelah awal tahun lalu gw bikin passport, akhirnya 3 orang temen gw itu gw paksa, gw ojok - ojok (bahasa kerennya di-oceh-in terus - terusan sampe pada kesel kali yaakk hahhaa) akhirnya mereka bikin passport juga.

Tujuan kita ke Singapore adalah USS dan itu merupakan negara paling deket dari Indonesia, permulaan bagi traveller kacangan macam kita yang belum pernah ke negeri orang. Hahahaa eeiitsss..selain itu yang paling penting adalah, adanya sponsor! Sponsor tempat tinggal alias kita bisa numpang bobo gratis di apartment tantenya Nyoti. Gretongan is my life!! Huahahahahaa
Lumayan booo ngurangin biaya penginapan yang harganya lumayan bisa buat jajan - jajan di USS, hihihi
Biaya untuk jalan - jalan ke Singapore lumayan ngenes, secara yaa Dollar Singapore lagi naik - naik ke puncak gunung, tinggi - tinggi sekali. 1 Dollar = 9250 - 9275 pada saat gw nuker, hiikkss.. Uang tabungan sebanyak 3 juta rupiah yang berlembar - lembar itu dituker cuma dapet 300SGD yang kalo diliat kasat mata cuma dapet 5 lembar 50SGD dan 5 lembar 10SGD.. Nyeseekk broohh!! Rupiah cuma dihargain segitu. Ngiikkss!!
meng-alay di terminal bus Malaysia!
Selain ke Singapore, kita juga berencana mampir sebentar ke Johor, niatnya sih mau menuh - menuhin stempel passport aja wkakkaakaa
Engga juga deng! Kita emang mau jali - jali cantik sambil berbelenjong ria. Jadi selain bawa SGD kita juga kudu bawa RM alias Ringgit Malaysia. Ngga terlalu banyak sih, cuma 140RM ajah atau kalau di rupiah-in sekitar 500rb rupiah. 1RM sekitar Rp 3.500 waktu kemarin gw tuker di money changer yang ada di Puri Mall.

Penerbangan ke Singapore sengaja gw pilih yang paling pagi, biar kita puas jalan - jalan di negeri orang yang cuma 3 hari doang gituuhh.. Lumayan gw dapet tiket promo PP sekitar 400rb, untuk berangkat kita naik AirAsia, untuk pulangnya kita naik TigerAirways.
Emang sihh tiket pesawat ke Singapore itu emang termasuk murah, tapi untuk biaya hidupnya di sana yang paiiittt banget rasanya!! Yaaa biaya yang dikeluarin sama aja kayak kalo kita pergi ke Derawan atau ke Sabang, yang kata orang - orang jalan - jalan di dalem negeri mahal. Menurut gw SAMA AJAAAA!

Norak di bus tingkat! muahahahaha
Tapi yang pasti beda rasanya, pergi ke luar negeri atau ke dalam negeri. Untuk wisata ke luar negeri, mata kita dimanjakan oleh hal - hal yang jarang kita temukan di neheri sendiri. Seperti contohnya di Singapore kita akan dimanjakan dengan ke-modern-an serta kerapihan dan tata kota yang luar biasa bagusnya, kalau dibandingkan dengan Jakarta yang sungguh amat sangat semrawut. Hukum di Singapore sangat ketat, sedangkan di Jakarta pelanggaran terjadi di mana - mana..

Untuk wisata di Indonesia yang patut diacungi jempol dan kekayaan terbesar yang kita punya adalah wisata alam-nya. Mulai dari gunung, laut, hutan, pantai dan segala macam rupa yang berbau kekayaan alam dan budaya itulah yang bisa kita banggakan.

Kembali lagi pada kisah perjalanan gw kali ini, setelah penerbangan kurang lebih 1 jam dari Bandara Soekarno - Hatta ke Changi Airport (FYI, di Singapore 1 jam lebih dulu waktunya) kita sudah ditunggu - tunggu kedatangannya oleh sang empunya tempat tinggal alias tantenya Nyoti. Om-nya juga ikutan jemput kita, padahal lagi jam kerja yang kebetulan si om ngga ikutan cuti.

menu sarapan di Changi Airport
Kita diajak ke kantin bawah Changi Airport, untuk sarapan. Alhamdulillah rejeki anak sholeh dapet sarapan gratis pagi - pagi. Kita disuguhkan makanan nasi goreng + black carrot (kalo menurut gw ini mirip kwetiau tapi versi dipotong kecil - kecil), dengan minuman teh tarik. Setelah sarapan lanjut ke terminal bus yang ada di basement Changi Airport. Kita naik bus tujuan Changi Airport ke arah Hougang City (heemm..tujuannya sih gw agak lupa sebenernya hahhahaha)
Okee, jadi sebelum ke Hougang Ave tempat tinggal si tante, kita transit di terminal besar, lanjut naik bus dengan nomor 101 dan sampailah di Hougang Ave. Rata - rata tempat tinggal di Singapore adalah apartment atau flat, jadi tata kota nya sangat terlihat rapi. Beda sama di Jakarta antara apartment mewah bersebelahan dengan pemukiman kumuh.. Duhh!!
Halte depan apartment Hougang Ave
Naro koper di kamar, cuci muka lanjut rapi - rapi langsung cuuss ke Johor! Naik bus yang sama 101, lanjut naik bus 57 (kalo ngga salah) ke arah terminal besar untuk transit dan melanjutkan perjalanan menuju Johor Bahru. Sebelum sampai di Johor Bahru, kita transit di kantor imigrasi Singapore untuk izin keluar, lalu lanjut ke kantor imigrasi Malaysia untuk izin masuk. Setelah itu tiba - tiba kita udah ada di plaza Johor Baru (mall besar yang ada di sana).

Jalan - jalan cantik, liat sana - liat sini, tapi berhubung sudah jam 12 lewat akhirnya kita memutuskan untuk makan siang di Dapur Kita. Biaya yang dihabiskan kurang lebih 12RM atau sebesar Rp 45.000 masih harga yang wajar dengan makanan chicken mushroom blackpaper.

Chicken Mushroom Blackpaper - menu makan siang di Johor
Kuil di Johor
Setelah selesai makan, kita lanjut jali - jali cantik. Niatnya mau belanja cari - cari barang khas Malaysia, atau apapun yang kece. Tapi nihil. Kita malah menemukan kuil India dengan arsitektur yang menarik. Alhasil foto - foto kece dulu di sana, minta fotoin orang India. Hhahaa

Selesai foto - foto baru deh kita menemukan souvenir khas Johor Bahru. Gw sendiri beli hiasan kulkas sama kartu pos. Ngga tau kenapa sekarang kalo pergi kemana - mana jadi seneng ngumpulin kartu pos gara - gara ada rencana mau tuker - tukeran kartu pos sama Mba Indah (salah satu kenalan gw waktu trip ke Lampung dan sekarang tugas di USA untuk UN) hihihi, kayaknya seru aja gitu..kembali ke jaman dulu. Back to post office! :))

Setelah muter - muter cantik, kita balik lagi ke mall Johor Bahru, menuju ke tempat imigrasi Malaysia, daaaann namanya juga cewe liat diskonan dikit mata langsung melotot.. Mampir dulu ke body shop, toko sepatu dan ini yang paling epic..di saat si tante guide lagi beli roti, kita main masuk aja ke toko sepatu di depannya yang lagi sale highheels 25RM atau sekitar 75-80rb rupiah. Gimana pada ngga kesemsem cobaaa.. Sampe - sampe si tante yang udah kelar beli roti, kita ngga sadar. Begitu pun si tante guide yang emang jalannya juga cepet banget ngga sadar 4 gadis kece ini ketinggalan.

Kelar belanja baru pada sadar kalo kita kehilangan jejak si tante. Mau nelepon biaya roamingnya mahal, akhirnya sms untuk irit - irit pulsa dan ujung - ujungnya pulsanya abis - abis juga, bahahahaha Ternyata si tante cuma beda 1 lantai doang di atas kita.. +____+

ngalay dulu di sign jalanan hahhaa
ngalay di Imigrasi Malaysia - padahal ngga boleh foto2 hahaha
Perjalanan dilanjutkan lagi ke Singapore, melewati serangkaian tempat imigrasi, menunggu bus lagi yang lumayan lama, kaki udah sengklek..tapi semangat buat jelajah kota masih membara. Setelah itu si tante membawa kita menuju Merlion, tempat patung singa yang paling terkenal di Singapore. Kalo ke Singapore belum kesini, belum afdol rasanya hahhahaa

belom sah kalo belom foto bareng si patung singa :))))

baru sadar foto kita ber-4 di sini ngga ada :(( *berarti kita kurang 4L4y*
Foto - foto dengan background si patung dan lanjut nonton dance light dari gedung di seberang Merlion. Kereeeenn!!!
Setelah ituuu..kita ditraktir makan di Makan Sutra, tempatnya di seberang Merlion. Makan seafood! *nomnom*

makan malam di Makan Sutra
belenjong di Bugis cyiinn...

Sekitar jam 9 malam kita pulang dan kembali ke apartment dan menyiapkan buat besok ke USS, duuhh bisa ngga yaahh pergi ke USS tanpa tante guide?! Secara si tante masuk kerjaaa.. Nyasar sebentar di Malaysia aja kita udah rada panik, gimana iniiii pergi sendirian??!! Hhahahaahaa
Si tante cuma memberi arahan naik bus dari Hougang Ave terus turun di halte itu, lalu lanjut naik LRT yang ada sign warna "pepe". What is the pepe colour?! Do you know guys?! Ohh alright..berhubung logatnya si tante guide adalah percampuran Chinese, Melayu dan Jawa.. Ternyata warna pepe adalah warna ungu sodara - sodaraaa.. Alias purple! Muahahaha

Jadi bagaimanakah perjalanan 4 gadis kece ini di hari ke-2 ?! Hihihi tunggu kelanjutannya yaaaahh :D

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)