Trip to Maluku (Ora Beach) - Part 2

Udah nungguin lanjutan cerita sebelumnya yaahh?? Ngahahaha *kepedean tingkat mahabarata*

Langsung ajaa, jadi di hari ke - 2 kita di tanah Maluku, tepatnya hari Selasa yang dimana sebagian atau bahkan kebanyakan orang lagi pada berkutat dengan kerjaan, kita bersiap - siap mau liburan! HAHAHA *syombong syekali anak ini*

Pelabuhan Amahai
Sekitar jam 6 pagi, kita (maksudnya gw, Fe sama Wince ~ kalo yang lain ngga tau deh lagi ngapain jam segitu, kan beda kamar shaayy) udah mandi, udah siap - siap, udah rapi jali pokonya mau cuss ke Ora Beach. Jam 7 teng kita turun ke lobby hotel, terus check out sambil nunggu sarapan di restoran mininya Sea Hotel, yang seketika penuh sesak sama tas carrier kita yang segede gambreng. Jam 1/2 8 tuh sarapan belom nongol juga tapi yang muncul malah staff dari Ora Beach Resort-nya. Wuiihh on time amat yakk.. gw minta perpanjangan waktu (dikata lagi main bola kali) buat sarapan.

bobo cantik di kapal ferry
Menu sarapannya bubur ada telornya, rasanya gurih, lumayan dehh buat ganjelan perut. Selesai makan buru - buru cuss ke pelabuhan. Kali ini kita dianter sama Bung Caken sama ngga tau nama driver yang satunya lagi. Perjalanan dari hotel ke Humala di desa Tulehu, memakan waktu sekitar 20 - 30 menit. Untung kapalnya belum berangkat. Sekitar jam 1/2 10 kapal fery-nya baru berangkat. Kita naik di kelas VIP *mewah bener*  dan gw sendiri langsung nyari posisi enak buat bobo, lumayan sekitar 2 jam perjalanan di laut. Di kapal ini juga kita ditemani lagu - lagu Ambon, sampe terngiang - ngiang dan akhirnya belajar sedikit - sedikit bahasanya. Hihihi

Sampai di pelabuhan Amahai sekitar jam 12 siang, kita udah dijemput 2 mobil lagi. Perjalanan dari Masohi ke desa Saleman memakan waktu sekitar 2 jam. Sebelum mulai perjalanan, kita berhenti di rumah makan Yulia untuk makan siang. Menu yang disajikan lumayan endeuus cyinn.. kita pilih cumi goreng tepung, ayam goreng rica - rica dan cap cay kuah ayam.

Selesai makan kita langsung tancap gas, awal perjalanan kita melihat awan - awan lucu yang bergumpalan di langit, padang rumput yang luas, jalanan masih datar. 30 menit kemudian, jalanan mulai berbelok - belok dengan pemandangan kanan kiri pepohonan yang rimbun, 30 menit setelahnya jalanan mulai naik turun bukit melewati lembah dan sebelahnya jurang. Jalanan masih aspal walaupun di tengah jalan sempat kita temui ada perbaikan jembatan jadi agak ancur sedikit dan 30 menit kemudian jalanannya benar - benar hancur sodara - sodara hahaha


Tapi perjalanan kali itu, full kita cewe - cewe ngga ada yang tidur, ketawa - ketawa, girang banget ngelewatin jalanan berkelok - kelok, naik turun bukit, jalanan rusak dengan kecepatan 100 - 120 KM / jam. Hahaha mantap! Dan kata si abang supirnya, Bung El baru kali ini ada tamu yang kayak kita ~ ciwik - ciwik setrong! Katanya biasa tamu - tamu yang dateng kalo ngga tidur, berisik karena tegang ngeliat jalanan yang meliuk - liuk. Si Bung El juga pernah cerita kalo dia pernah bawa Nadien Chandrawinata, duduk di sebelahnya bilang mau nemenin si Bung El, karena temen - temennya yang lain pada tidur. Tapi ternyata ngga sampe 30 menit, si Nadien udah pules.. :)))))

Btw, gw lebih berani menghadapi jalanan di sini walaupun kecepatan di atas 100 KM / jam  dibanding menghadapi jalanan di Jakarta. Duuhh parno dehh bawaannya kalo naik mobil di Jakarta, udah jalan hati - hati nih, bisa aja ada pengendara lain yang jalannya ngaco. Kan asyem!

Setelah 2 jam perjalanan darat, sampai juga kita ke desa Saleman. Dari sini kita tinggal naik boat sekitar 15 menit. Tapi  sebelum benar - benar sampe di desa Saleman, ada satu spot yang dimana pemandangannya langsung mengarah ke Ora Beach walaupun masih jauh ngga keliatan. Tapi kita bisa liat samar - samar dari atas bukit. Kayaknya di sini emang jadi spot yang seru buat foto - foto sebelum kita sampe di Ora Beach. Wuhuuu~~ dari sini aja udah girang banget. 

Ketika sampe di desa Saleman ini kita sudah bisa melihat dari kejauhan, surga cantik yang ada di bumi.. aaarrgghh rasanya perjalanan 15 menit nyebrang laut aja tuh berasa lamaaa~~~ banget. Duuhh deg-deg-an kayak mau ketemu pacar bahahahakk!


2 pasukan tirek Mario Muzanny ini sering in frame dimana ajaaa~~
Semakin lama semakin jelas, penampakan Ora Beach Resort yang terkenal dengan bungalow di atas airnya, dengan penampakan terumbu karang yang memantul dari air yang jernih, berwarna kehijauan. Akhirnya kita menjejakan kaki di dermaga Ora Beach Resort, bola mata membesar ngga percaya bisa ngeliat secara langsung secara jelas terpampang nyata yang biasanya cuma liat di Google, di Instagram dan di dunia maya lainnya, akhirnya bisa dengan mata kepala sendiri melihat keindahan ciptaan Tuhan ini *aku terharu*  :')

Biduan & Biduanita Ora!
Sebelum naik ke dermaga malah kita udah heboh foto - foto dulu, kayaknya ngga boleh kekurangan moment semenit ajaaa..rasanya rugi, jadilah memory kamera pasti full sodara - sodara. Mulai dari foto ngga penting, foto selfie, foto pemandangan, video, semua deh kita abadikan.

Ohh yaa, yang paling gw inget moment pertama sampai di Ora adalah ketika naik ke dermaga, gw pikir temen - temen gw pada sibuk ngambilin barang - barangnya, ternyata pada jongkok, ngerubungin sebaskom batu~ batu akik! *drooopp* Ternyata si abang kapal jualan batu, namanya Batu Seram karena batu ini berasal dari Pulau Seram. Astaganagaa~~ lagi nge-heiittzz banget emang nih batu akik. Karena temen - temen kita yang tau kita mau kesini pada nitip batu alam khas Maluku. Sampe ada temen gw yang dibekalin uang 1juta khusus buat beli batu doang. OMG!
Kalian liat aja deh videonya yaahh~~

ngga tahan buat ngga foto dengan angle ini :))
Tapi akhirnya gw ikutan beli juga karena pada minta dibawain batu, berhubung harganya miring banget. Jadilah gw beli sebongkah yang sampe Jakarta ternyata bisa dibagi untuk 8 orang, ngihihihi oleh - oleh yang lumayan irit tapi bikin berat bawaan di dalem tas. 

Setelah selesai dengan per-batu-an, kita langsung masuk ke kamar, dibantu sama staff Ora Beach Resort yang memang ramah - ramah banget. FYI, untuk yang mau menginap di sini, disarankan untuk booking dari jauh - jauh hari, apalagi kalo udah high season alamat keabisan. Gw sendiri pesen dari bulan Januari, tadinya mau booking pas ada long weekend di bulan Mei ke Juni ternyata ehh ternyata sudah penuh shaayy..akhirnya gw majuin jadi seminggu sebelumnya. Alhamdulillah yaahh masih ada yang kosong untuk 3 kamar laut. 

jalan menuju cottage
Untuk menginap di sini, tarif yang ditawarkan menurut gw cukup terjangkau walaupun keliatannya mahal. Gw menginap 4D3N dengan harga 2,9juta per orang untuk sekamar 3 orang (tambah extrabed). Sedangkan untuk yang sekamar 2 orang dikenakan harga 3,1juta per orang. Dengan fasilitas yang super, dijemput dari bandara / kota Ambon sampe ke penginapan, makan pagi - siang - sore - malem, tour ke 2 tempat di Seram Island dan pastinya kamar laut yang membuat liburan kita jadi berasa mewaaahh~~ Dengan harga segitu udah all in, buat gw worth it! Apalagi dapet pemandangan yang aaahhh~~ udah deh lo liat aja sendiri yaahh foto - fotonya  :"))


Belum ada sejam kita sampe di Ora Beach, ngeliat air laut yang super bening, coral cantik dan ikan yang beraneka ragam ternyata ngga bisa nahan kita untuk berlama - lama cuma mandangin dari atas dermaga aja, ngga lama kita langsung ganti pakaian buat berenang. Mario yang niat banget bawa kasur air ternyata bikin liburan kita makin mewah banget hahaha~~ disitu kita pertama kalinya ketemu sama Bung Irwan, salah satu staff Ora Beach yang ramah banget dan hobby ngobrol. Bung Irwan yang bantuin kita buat niup kasur air bukan dengan mulut kayak yang dilakukan duet Mario n Muzanny, tapi dengan nitrogen punya dia. Jadi beruntung deh tuh si Mario n Muzanny ngga keabisan napas duluan  :)))))

M2M yang selalu kompak
Puas foto - foto di atas kasur air yang lama - lama jadi kempes gara - gara bocor kesangkut paku atau apalah yang tajem - tajem di bawah dermaga, kita lanjutkan dengan snorkeling cantik lihat terumbu karang yang juga cantiiikk~~ cantik cantik cantiiikk~~ syahrini kalah cantiiikk~~ 

Bung Irwan & Kaking
Di sini pertama kalinya kita diperkenalkan dengan parasit laut bernama Kaking. Kaking ini adalah sejenis parasit yang bisa merusak terumbu karang. Jadi para guide di sini, juga sering bertugas membersihkan laut dari para Kaking, karena ternyata di sini banyak banget. Penampakannya kayak terumbu karang kalau kita lihat sekilas, dengan lapisan atas duri - duri tajam kayak durian, lapisan bawah ini ada tentakelnya yang memakan si terumbu karang yang dia hinggapi. Kata Bung Irwan jangan sampe kita terkena si duri - durinya karena beracun. 

Kaking
Puas dengan snorkeling cantik kita lanjut  loncat indah syekali dari atas dermaga. Wihuuww~~ sensasi loncat dari  dermaga ini seru banget. Ditambah sunset yang baru turun buat kita makin heboh foto - foto loncat dengan hasil siluet. Senja pertama kita di Ora menyisakan kesan yang mendalam, begitu hangat dan menentramkan~ hasyeeekk dahh~~~ 


Setelah main air dan foto - foto di saat senja, ternyata kita sudah disuguhkan dengan snack sore. Luuaarr biasa~ tau aja nih yaaa kita laper berat. Ini adalah minum teh dan makan pisang goreng termewah buat gw! Kapan lagi coy makan beginian tapi pemandangannya syurga beginiii.. 

Selesai makan snack sore, kita langsung balik ke kamar, MCK - mandi cuci kaki dengan kamar mandi yang ah-me-zing!! Pemandangannya dari dalam kamar mandi langsung menghadap ke laut. Jadi ada jendela yang terbuka dan kita langsung bisa liat laut dari dalam. Tenang ngga ada yang bisa ngintip kecuali temen sekamar kita hahaha 

Sekitar jam 7 malam, pintu kamar kita diketok, ternyata panggilan makan malam. Wuiihh~~ super banget! di hotel aja belum tentu ada pelayanan kayak gini. Pokonya gw terkagum - kagum sama pelayanan di Ora Beach Resort.

Makan malam di hari pertama ini enak~ endess bingitt~ Selesai makan, gw harus menemui salah satu staff untuk menanyakan jadwal kegiatan buat besok pagi. Gw ditemenin Wince, buat ketemu Ka Ima. Ternyata untuk selama di sini, Ka Ima yang jadi koordinatornya, gw pikir kita akan bertemu sama pemiliknya - Pak Alvin, yang ternyata beliau tinggal di Malang sama istrinya. 


Ka Ima pun ramah banget, enak diajak ngobrol dan bernegosiasi. Kita agak sedikit merubah itinerary yang sebelumnya pernah dikirimkan Pak Alvin lewat email. Jadi untuk kegiatan di hari selanjutnya, kita memilih menghabiskan paket tour yang kita dapat langsung dari Ora Beach Resort, yaitu tour ke tebing batu dan mata air Belanda. Karena di hari selanjutnya kita ada rencana untuk menambah paket tour ke spot lain. 

amazing sunset!
Bung Irwan pun menawarkan diri untuk menjadi guide kita untuk ke beberapa tempat untuk keesokan harinya kalau ia tidak ada pekerjaan lain. Sambil mengisi waktu luang setelah makan malam, kita memandang bintang yang bertaburan di langit malam *bayangin sambil nyanyi lagunya Meteor Garden yaaa~~ "Zhi pa wo zi ji hui ai shang ni Bu gan rang zi ji kao de tai jin" terus nunjuk ke atas langit deh :))))))

Di sini Bung Irwan ngajak kita buat main tebak - tebakan lagu, yang awalnya ngerasa annoying sampe akhirnya seru sendiri. Mikirin lagu yang ada lirik "Pantai", "Hati", "Cinta" dan "Love". Kayaknya sih standar banget, tapi ternyata bikin mikir juga. Buat pasukan tirek kudu banget yee inget bagian gw nyanyi "A Thousand Years" - nya Christina Perri sama "Baby" - nya Justin Bieber, dengan suara gw yang tak bernada itu.. fuuhhh~~~~

Amazing Ora Beach Resort - Taken by Aldo Ato
Taken by Mario Wawo
Heemm~~ baru 1 hari, malah belum ada sehari aja ceritanya udah banyak gini, duuhh kurang lengkap rasanya kalo ngga diceritain secara detail, hihihi
Mau tau kelanjutan dan keseruan ceritanya lagi? Tunggu yaahh next episodenya~~ *eneng mau bobo dulu..dadaahh~~~ 

Nihh diintip videonya~~ Semoga ngga terganggu dengan potongan video yang ala kadarnya dan penggalan sound yang se-ala-ala-nyaaa.. :")




Comments

  1. Mba haloo saya dewi..

    mba ke Oranya g pake paket tour ya?
    kalau boleh tau cp nya kemana ya mba?

    thanks before.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo mba, iyaa saya ngga pake tour, langsung booking ke resortnya.
      Bisa lewat email ini : orabeachresort@yahoo.com atau ke pak Alvin 081333633338
      Lewat email biasanya cepet juga kok mba dibalasnya :)

      Delete
    2. Oke Mba.... makasihh yaa infonyaaa..
      seru bngt trip2nya, blognyaaa jg informatif.. update terus ya mba. hehe ^^,

      Delete
    3. Hihihi..iyaa Mba Dewi, sama - sama, makasih juga sdh berkunjung ke blog saya :D

      Delete

Post a Comment

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)

Jakarta - Malang - Probolinggo - Bromo

Rincian Biaya Trip To Maluku

Pulau Tegal - Pasir Timbul, Lampung

Jakarta - Medan - Aceh - Sabang