Trip to Maluku (Ora Beach) - Part 3

Halooo semuanya, eneng mau lanjutin ceritanya lagi niihh~

Hari ke - 3 di Ora Beach Resort, mimpi indah kayaknya kalo bobo terus di sini, nyaman tentram damai sentosa! Di Ora Beach ini lautnya tenaaangg banget..suara ombak pun sampe ngga kedengeran, asliikk suwerr~~ mungkin karena Ora Beach ini berada di teluk, jadi bener - bener ombaknya kecil. Kalo ada yang pernah ke Teluk Kiluan di Lampung, masih kedengeran suara ombaknya, jebyar jebyur~ kalo di sini sama sekali ngga kedengeran. Malah sampe ada yang ngira itu di sungai / danau kalo lihat di foto, saking tenangnya itu air lautan.

Anyway, hari ke-3 ini kita ada jadwal snorkeling di Tebing Batu dan Mata Air Belanda. Wooww..kayak apa yaa tempatnya. Ihihihi ngga sabaaarr boooww~~

Jadwal kita keliling pulau berangkat jam 9 naik kapal boat. Sebelum berangkat kita sarapan dulu di gazebo Ora Beach Resort. Makanannya lagi - lagi enak banget~ walaupun cuma nasi goreng, itu nasi goreng termewah yang pernah gw makan hahaha.. Kalo yang ngga biasa makan nasi kalo pagi, disiapin juga kok roti tawar dengan pilihan topping strawberry, kacang atau mesis..

Mau minum kopi, teh hangat atau susu juga disiapin di sini. Mau nambah berkali - kali juga boleh. Bebass~ Untuk sarapan kali ini kita lebih milih duduk di bawah sambil memandang ikan - ikan di bawah gazebo, nyari sensasi yang beda karena terlalu mainstream makan di meja makan ahahaha

Berhubung pada saat kita kesana termasuk sepi, karena tamu yang lain cuma dateng ber-2, sedangkan kita ber-7 jadi heboh dan mencolok sendiri. Rame sendiri, ngakak - ngakak sendiri, ngelakuin hal konyol dan gila - gilaan.. berasa Ora Beach milik kita sendiri. Semoga ngga mengganggu yaa mas - mas dan mba - mba yang mungkin waktu itu lagi hanimun di sana ehehe~

Tepat jam 9 kita langsung berangkat, ternyata Bung Irwan ngga bisa nemenin kita. Jadilah kita berangkat sama Bung Iqbal, pengemudi kapal yang dari pertama kita dateng dijemput sama beliau. Bung Iqbal ini lebih pendiem dibanding Bung Irwan, tapi so far seru juga di guide-in seharian keliling pulau.

Rumah Payung - Tebing Hatu Pia
Spot yang pertama kita datengin adalah rumah payung yang berada di Tebing Hatu Pia atau yang dikenal dengan Tebing Batu. Wuiiww wuiiiw seru banget ada gubukan beratap payung dari jerami di pinggir laut. Dari rumah payung ini kita bisa coba loncat indah, airnya jernih banget, karena bawahnya pasir dan ngga terlalu dalem jadi jangan takut buat ngerasain loncat - loncat indah di sini.

Di sebelah rumah payung ada batu lumayan besar yang bisa kita naikin, tapi hati - hati sakit banget batunya kalo kita injek karena mungkin kecampur dengan batu karang yang udah mati. Dari batu ini kalo mau loncat indah juga boleh, yang penting hati - hati yaahh..

Setelah sesi loncat - loncatan kita lanjut ke tebing batu yang sesungguhnya, dengan cara berenang sambil snorkeling. Kalo yang ngga bisa berenang santai aja broo, disiapin pelampung dan Bung Iqbal-nya pun mau membantu kita. FYI, di Ora Beach Resort untuk fasilitas alat snorkelingnya hanya sedikit, ada baiknya kita bawa sendiri deh. Kalo ngga mau bawa alat snorkeling juga gpp, cukup bawa kaca mata renang aja yang penting sanggup nahan napas di dalam air dengan waktu yang lama.
Ternyata Tebing Batu ini seperti kita masuk sebuah goa. Tapi goa-nya ngga terlalu dalam dan ngga terlalu jauh masuknya. Kalo liat goa di tebing yang tinggi begini, gw jadi inget video klipnya Britney Spears "I'm Not a Girl, Not yet a Woman" :)))))) *jadi berasa syuting pidio klip kalo di sini*

Di dalam goa tebing batu ini kita ngga terlalu lama, puas foto - foto kita langsung balik lagi ke kapal karena masih ada beberapa spot yang mesti kita datengin. Ohh yaa, di sini pun gw liat ada banyak Kaking, jadi hati - hati yaa berenangnya. Kalo bisa pake fin, biar kaki terlindungi dari duri - duri tajam si Kaking. Bung Iqbal pun membersihkan terumbu karang yang dihinggapi Kaking dengan mengangkatnya ke permukaan dan ditaro dipinggir tebing. Kaking ini kalo kelamaan ngga ada di air akan mati dengan sendirinya.

Water Cave - Hatu Kunita
Lanjut lagi ke spot ke - 2 yang paling gw tunggu - tunggu dan bikin penasaran, yaitu water cave di Tebing Batu atau dinamakan Hatu Kunita. Untuk masuk ke dalam goa ini, kita harus usaha agak lebih dan punya sedikit keberanian buat menyeberangi dasar goa dengan cara menyelam. Paling sekitar 10 - 15 detik untuk menyelam ke bawah air dan sampe ke dalam goa. Sensasi yang luar biasa bisa masuk ke goa ini dengan cara menyelam. Di spot ini lumayan dalam lautnya, agak bikin sedikit jiper awalnya tapi berhubung gw penasaran banget, jadi harus gw lawan rasa takutnya.
Tenang aja kalian yang mau masuk ke goa ini juga akan dipandu sama guide-nya. Bung Iqbal bantuin kita banget untuk bisa menyelam dan masuk ke dalam goa. Kita dibantu dengan cara didorong ke dalam air dan diarahkan untuk masuk ke dalam goa ini. Kita cukup tarik nafas dalam - dalam, berenang sebentar melewati dasar tebing lalu dalam hitung 1 sampe 5, kita udah sampe deh di dalam goa. Hati - hati juga yaa saat menyeberangi dasar goa ini, karena ternyata sering ada Kaking juga yang nempel di bibir goa. Untungnya kita ngga ada yang sampe kena Kaking, bisa berabe juga tuh kalo kena kepala hehe Bung Iqbal dengan cepat tanggap langsung mindahin si Kaking jauh - jauh dari mulut goa.

foto bareng Stela
Sayangnya Wince ngga masuk ke dalam goa ini, karena dia sedikit trauma sama air. Jujur gw sih agak sedikit panik kalo setiap kali ngeliat ke dasar goa. Broohh..dalem banget broohh~~ lumayan engap nahan napasnya, mana kalo mau pegangan tebing tajem - tajem banget karena ada karang - karang. Tapi seneng banget gw bisa masuk ke goa ini, rasanya tuh kayak NatGeo ocean banget bahahahakk

Di goa ini ada guide yang bisa fotoin kita dari atas tebing. Nah kebetulan saat di goa ini, kita  barengan sama salah seorang tamu Ora Beach Resort juga tapi beda kapal. Namanya Stela Sebastian, dia baru lulus UN dan berencana melanjutkan studinya di bidang pariwisata. Stela ke Ora Beach dan keliling kota Ambon sama kakeknya, seruuu yaaa kakeknya masih bisa diajak traveling juga. Beruntungnya lagi Stela bawa kamera SLR jadi bisa sekalian difotoin sama guidenya dia. Kan lumayan hasilnya bagus dibanding kamera pocket kita. Hahaha *baru kenalan udah ngelunjak minta foto~~

Untuk keluar goa, kita juga melakukan treatment yang sama, cuma bedanya ngga setegang pas pertama mau masuk goa, karena kita udah tau kayak gimana caranya dan udah tau di luar itu seperti apa. Ngga kayak mau masuk goa yang masih tebak - tebak buah manggis gimana isi di dalem goa itu. Gw iseng coba ngerekam video cara melewati si bibir goa, tapi hasilnya acakadut hahaha liat aja deh sendiri videonya yaaa~

papeda kuah kuning
Waktu menunjukan jam makan siang, setelah puas eksplore water cave, kita balik ke resort dulu untuk makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke Mata Air Belanda. Makan siang kali itu awesome banget karena ada papeda! Papeda itu adalah makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu. Kenyel - kenyel lengket enak tinggal telen glekk~ dicampur kuah ikan bumbu kuning. Rasanya lucuukk! Kalo buat gw sih enak, berhubung gw seneng makan makanan sejenis cilok, cireng, cimol, cilor dan aci - aci lainnya, jadi menurut gw 11-12 cuma beda dirasa aja, yang ini lebih unik.

sambil nunggu waktu ke spot selanjutnya - gaya ala ala yogaan dulu
Sekitar jam 1 atau jam 2an kita berangkat lagi naik boat ke Mata Air Belanda. Stela ternyata udah lebih dulu sampe di Mata Air Belanda, jadi kita ketemu lagi di sana. Mata Air Belanda ini AH-ME-ZING BANGET! Gimana ngga, baru turun dari kapal ternyata air di pantainya dingin banget! Tapi ketika kita nginjek pasirnya hangat~ anehh yaaa, ajaib! Jadi di sini ada mata air yang langsung mengalir ke pantai terus ke laut. Air tawar ini mengalir ke arah pantai hingga membuat jalur air sendiri seperti sungai. Pemandangan di sini juga ngga kalah keren! Sebelum meng-eksplore lebih dalam, kayak biasa deh kita foto - foto dulu di pinggir pantai yang airnya dingin ini. Selama di Ora Beach, kita sering banget foto ala - ala kayak Andien, ngga tau pada nge-fans atau gimana, tapi ternyata tanpa disadari kita pemerhati Instagramnya Andien terutama waktu doi liburan ke Ora Beach juga, maka terjadilah foto seperti di bawah ini :"))

siapa diantara foto ini yang ekspresinya paling mirip sama Andien? :))))
Sampe bingung eneng mau ceritain bagian mananya, karena di sini kita puas banget main air. Mulai dari main di pinggir pantainya, di aliran mata airnya, sampe ke pinggir tebing. Di sini ada warung kopi juga loh, satu - satunya warung kopi yang ada di sini kayaknya. Kita juga bisa memesan kelapa muda di warung ini. Beeuuhh surga yaaa emang, dipinggir pantai main air sambil minum kelapa muda. Kita juga dipinjemin ban (dalam) renang biar makin seru mainnya. Berasa kayak di kolam arus yang ada di water park, tapi itu mahh lewat~ ini yang asli ciptaan Allah bukan buatan manusia. :")

Setelah selesai main di kolam arus yang asli bukan buatan, kita lanjut ke deket tebing. Untuk menuju tebing ini kita perlu menyusuri pantai sambil berjalan kaki. Foto - foto lalala yeyeye~ ketawa - ketawa, lari - lari cantik di pantai sampe akhirnya turun hujan. Awalnya gerimis mengundang sampe akhirnya lumayan deres juga hujannya. Tapi kita malah kegirangan, kayak bocah kecil yang lagi dibolehin mandi ujan sama emaknye. Hahahakk
Tapi lama kelamaan makin dingin nih, akhirnya kita menyudahi main hujan - hujanan di pantai. Lalu melipir ke warung kopi dan memesan mie rebus. Haduuhh~ syurga dunia bener iniii maahh~~~
Sambil makan mie rebus kita dapet cerita dari penduduk sana, yang bikin kita terbengong - bengong penasaran pengen lihat secara langsung. Berawal dari munculnya ikan hiu yang berenang ke tepian pantai saat kita tadi main di tebing. Stela yang melihat dengan mata kepala dan memegangnya secara langsung si ikan hiu itu, kita mah cuma lihat dari foto aja. Jadi di pantai Mata Air Belanda itu setiap bulan Juni sering kedapatan ada ikan hiu atau ikan paus yang terdampar di pinggir pantai sedang bermigrasi.
ciwik - ciwik setrroonggg!
OMAYYGAAWDD~~ Ikan paus cooyy penasaran banget kayak apa aslinya. Selama ini cuma ngeliat di tivi aja, di Google - Google sama di Instagram. Sayangnya kita bulan Mei ke sininya, karena bulan Juni udah puasa coyy.. jadi bikin pengen balik lagi ke sini kaann kaann kaannn~~~

Okeh balik lagi ke cerita di hari itu, kita nunggu hujan berenti ternyata ngga berenti - berenti shaayyy.. alhasil mau ngga mau kita paksain buat balik karena hari sudah semakin sore. Untungnya hujannya udah mulai sedikit
reda dan untungnya ngga ada badai. Horoorr juga broohh kalo ada badai mahh  :"(

ekspresi menikmati hujan
Setelah sampai resort kita langsung mandi (bareng)! Yaa gpp lahh yaa, Gw - Fety sama Wince kan cewe - cewe semua. Kalo Nita sama Aldi udah sah! Kalo Mario sama Muzanny *ehhmm agak ngeri siihh~ wakakakakk #amitamitjabangbayi jangan sampe yaahh mereka begitu, kita cewek - cewek bisa makin setrong karena kekurangan lakik cyin! :3

Serunya liburan sendiri yaa gini, ngga ada yang bisa fotoin, ya alternatifnya pake timer :')

Sampe malem ternyata masih hujan rintik - rintik, tapi laut masih tetap tenang. Seharian main air ternyata bikin kita kelaperan dan juga mengantuk. Sebelum makan malam, dan sesudah mandi kita langsung kumpul di kamarnya Mario Muzanny. Sambil menikmati senja, di sinilah bermula percakapan absurd tentang monster laut semacam kreken yang ada di film Pirates Carribean, Dinousaurus Tirek yang bisa muncul dari tebing, Godzilla yang ada di Jepang, Power Ranger & Ultramen yang akan muncul di tahun 3001, Gatot Kaca yang cuma ada di Pulau Jawa, Alien - UFO - Monster Inc - Saras 008 - Panji Manusia Millenium yang katanya M2M cuma ada di film doang dan gw dibilang korban film serta Satria Garuda Bima X yang katanya M2M - gw bawa - bawa perusahaan. Apeess bener gw ditindas sama mereka!

Jadi awalnya gara - gara Muzanny bilang dia takut kalo berenang di laut yang dalam, takut ada monster laut. Terus gw ketawa ngakak! Gw bilang "ngarang lu Muzz.. mana ada monster laut!" Kemudian gw dibantah sama Mario, dia bilang kalo dulu dia pernah berlayar ke laut dan tiba - tiba di tengah laut ada makhluk yang muncul kayak kreken, kemungkinan itu adalah gurita berukuran besar. Dan di bawah kamarnya Nita & Aldi, gw, Fe & Aldi pernah melihat gurita berukuran sedang. Terjadilah ekspedisi pencarian kreken malam harinya yang berujung gw dibilang Hoax sama Muzanny. Tapi kita lihat keesokan harinya.. gurita si kreken itu bener - bener ada di Ora Beach Resort. Dan percakapan tentang kreken dan tirek terus berlangsung sampai seterusnya. Kisi - kisi tentang khayalan mereka mengenai Tirek ada di video di bawah. Lihat aja sendiri kelakuan mereka~~ Huuuffttt~~

Senja setelah hujan gerimis di Ora Beach
Setelah makan malam kita ketemu sama Bung Irwan untuk merencanakan eksplore pulau keesokan harinya, tapi dikarenakan hujan semalaman rencana yang tadinya mau lihat sunrise dari tebing dan eksplore Pulau Raja alamat gagal. Bung Irwan menawarkan untuk eksplore sekitar Ora Beach ajaa.. atau ke spot snorkeling deket - deket Ora Beach.
Hemm baiklah kalau itu mau mu~~
Kita lihat hari besok..

Ceritanya dilanjutin lagi besok yaahh, masih ada 1 part lagi, the last two days in Ora Beach & kembali ke kota Ambon manise. Sekarang enengnya mau gegoleran duluu~ babaayyy~~

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)